PEMANFAATAN KOLEKSI BAHAN PUSTAKA DI PERPUSTAKAAN SMPN 4 MANADO DALAM MENUNJANG KEGIATAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Anita Runtuwene Universitas Sam Ratulangi
  • Meiske M. Rembang Universitas Sam Ratulangi
  • Titiek Mulianti Universita Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.346

Keywords:

Library, Library materials, Learning Activities, Student

Abstract

This research aims to determine the role of library managers or teachers at State Middle School (SMP) 4 in Manado City in utilizing library collections to support student learning activities. The model used in this research employs a descriptive qualitative method that can provide a detailed depiction of the actual conditions. The SMPN 4 Manado library has its own room with a collection of fiction and books according to the Merdeka Curriculum. The existing collection of books is not well arranged on bookshelves and is only arranged on tables, some are stacked on the floor. Another condition where users get hot quickly is because the room does not have a fan or AC. Existing deficiencies can be improved for the better, because the library management is committed to improving the library at SMP Negeri 4 Manado, but is hampered by support from the previous school principal. It was only then that the new principal had the intention to make the library better. The arrival of the research team also strengthened the principal's commitment to organizing the library.

References

Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Depok: PT. Rajagrafindo Persada.

Basuki, Sulistyo. (1991). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Badan Pusat Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (nd). Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.kemdikbud.go.id.

Consuelo G. Sevilla. (1993). Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: UI Press.

Fajarwati, Aknes Wahyuningtyas. (2019). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar di SMPN 5 Yogyakarta. (Universitas Negeri Yogyakarta). Diakses 12 September 2023 dari https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/issue/view/1973.

Febriani, Rizky. (2014). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa di SMP. (Universitas Tanjungpura Pontianak). Diakses 27 Agustus 2023 dari https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/4709.

Fitri, Aida. (2020). Pemanfaatan Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Keterampilan Belajar Peserta Didik di SMPN 1 Blangkejeren Gayo Lues. (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Diakses 14 September 2023 dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13713/1/Pemanfaatan%20Perpustakaan%20Dalam%20Menumbuhkan%20Keterampilan%20Belajar%20Peserta%20Didik%20di%20SMPN%201%20Blangkejeren%20Gayo%20Lues.pdf.

Handayani, Keni Hesti & Laugu, Nurdin. (2007). Studi Korelasi Motivasi Pengguna dengan Pemanfaatan Koleksi CD-ROM Di UPT Pusat Perpustakaan UII Yogyakarta. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Vol III. No. 7. 2007. Yogyakarta: Perpustakaan Universitas Gadjah Mada.

Hartanti, Putri Novia. (2016). Pemanfaatan Koleksi di Perpustakaan SMP Negeri 14 Depok. (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta). Diakses 23 Agustus 2023 dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/36553/2/PUTRI%20NOVIA%20HARTANTI-FAH.pdf

La Ode Muhammad Elwan, Muhammad Yusuf, & La Ode Herman Halika. (2022). MINING POLICY CONFLICT: Recruitment of Local Workers in Morosi Industrial Estate, Konawe Regency, Southeast Sulawesi. Journal Publicuho, 5(3), 626–642. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.18

Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Mangapeng, Rode Ester Frida. (2016). Peranan Pengelola Perpustakaan Dalam Meningkatkan Pelayanan Bagi Siswa SMP Negeri Empat Manado. (Universitas Sam Ratulangi Manado). Diakses 3 Oktober 2023 dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/12776/12368.

Ode, L., Elwan, M., Kadir, A., Rezkiawaty, S. U., & Qomariyah, E. (2023). Implementation of Covid-19 Budget Policy in Southeast Sulawesi ( Case Study of Budget Refocussing and Reallocation of Regional Revenue and Expenditure Budgets 2020 ). Journal of Governance and Public Policy, 10(3), 234–252. https://doi.org/10.18196/jgpp.v10i3.16108

Putri, Metha Dewa Yani. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. (Universitas Nusa Putra Sukabumi). Diakses 12 Oktober 2023 dari https://belaindika.nusaputra.ac.id/article/view/90.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 78. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301. Sekretariat Negara. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2007). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 129. Sekretariat Negara. Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4774. Jakarta.

Pemerintah Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 41. Tambahan Lembaran Negara Nomor 4496. Jakarta.

Perpusnas. (2017). Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Rahmadi, Faza Muktar. (2022). Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Batusangkar. (Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar). Diakses 23 Agustus 2023 dari https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/batusangkar/AmbilLampiran?ref=114876&jurusan=&jenis=Item&usingId=false&download=false&clazz=ais.database.model.file.LampiranLain&iframe=true.

Rahmalia, Misra. (2022). Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Unggul Yayasan Pendidikan Pembina Umat (YPPU) Sigli. (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Diakses 12 September 2023 dari https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/26189/.

Sari, Diny Chrisnan. (2014). Pemanfaatan Koleksi Perpustakaan Sekolah di SMP Negeri 2 Bantul. (Universitas Negeri Yogyakara). Diakses 12 September 2023 dari https://eprints.uny.ac.id/13812/1/diny%20chrisnan%20sari_07101244001.pdf.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D-MPKK, Edisi ke-2. Bandung: CV. Alfabeta.

Supriadin, R., Alam, S., & Elwan, L. O. M. (2020). IMPLEMENTASI PERATURAN WALIKOTA KENDARI NOMOR 13 TAHUN 2008 TENTANG PENATAAN PEDAGANG KAKI LIMA DI KOTA KENDARI. Journal Publicuho. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i1.11506

Waryani. (2021). Dinamika Kinerja Guru dan Gaya Belajar: Konsep dan Implementasi Terhadap Prestasi Belajar. Indramayu: Penerbit Adab.

Yustina, Anak Agung Made Sintya. (2017). Pemanfaatan Koleksi Fiksi di Perpustakaan SMP Negeri 2 Kuta Utara. (Universitas Udayana Denpasar). Diakses 12 September 2023 dari https://sinta.unud.ac.id/uploads/dokumen_dir/89124639289bafabafdc9eff91ecb49a.pdf.

Downloads

Published

2024-02-21