PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN DALAM PEMBUATAN E-KTP DI KECAMATAN COBLONG KOTA BANDUNG

##article.authors##

  • Herliani Putri Ratnaningsih Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung
  • Yogi Suprayogi Sugandi Universitas Padjadjaran
  • Indra Aldila Wiradiputra Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bandung

##semicolon##

https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i1.96

##semicolon##

Service Quality##common.commaListSeparator## Satisfaction##common.commaListSeparator## Trust

##article.abstract##

This study aims to determine the effect of the role of service quality and trust on community satisfaction in making e-KTPs in the Coblong sub-district in the city of Bandung. The samples taken in this study were 98 people using the incidental technique, namely determining the sample based on chance that met the criteria. Data analysis used multiple regression with the help of the SPSS 23 application for windows. The results of this study show that service quality and trust have a significant influence on people's satisfaction in making e-KTPs. The result of the coefficient of determination is 78.3% indicating that the two variables (service quality and trust) have a strong relationship in increasing community satisfaction. This research also has managerial implications, especially for service providers to provide the best service and build an image so that community satisfaction increases.

##submission.citations##

Adeti, B. A., & Christiani, C. (2022). Reformasi Administrasi dan Birokrasi Pemerintahan Daerah Dalam Menigkatkan Kualitas Layanan Publik di Daerah. Jurnal Media Administrasi.

Aditya Cholif Firmansyah, B. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82–93

Andriyani, M., & Ardianto, R. E. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Bank ( The Effect of Service Quality and Product Quality on Bank Customer Satisfaction ) Pendahuluan. Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis, 01(02), 135

Aditya Cholif Firmansyah, B. R. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2), 82–93.

Christina, J. R., Fanggidae, A. H. J., & ... (2022). Pengaruh Kualitas Layanan Publik terhadap Kepuasan dalam Rangka Meningkatkan Loyalitas Pelanggan pada Puskesmas Weekarou Kabupaten Sumba Barat. Syntax Literate; Jurnal

Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics and Business UBS, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13.

Hajliana, E. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Studi Pada Pelanggan Jasa Titip Di Media Sosial Di Kota Malang. eprints.umm.ac.id.

Ramdhan, G. K., & Indriani, F. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan dan Komitmen Untuk Meningkatkan Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah PT. Mitra Iswara & Rorimpandey Cabang …. Jurnal Akuntansi Dan Pajak.

Risanto, S. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Merek, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Layanan GoFood pada Masa Pandemi COVID-19 di Jakarta/Stefanus …. eprints.kwikkiangie.ac.id.

Rowena, J., Wilujeng, F. R., & ... (2020). Pengaruh Kualitas Layanan dalam Menciptakan Kepuasan Publik di Kantor Pelayanan Publik, Jakarta Utara. JIEMS (Journal of ….

Sari, D. C., & Marlien, R. A. (2019). Pengaruh kualitas layanan, kepercayaan, dan nilai pelanggan terhadap loyalitas pelanggan (Studi pada nasabah tabungan Bank BNI Syariah Cabang …. unisbank.ac.id.

Sutiyem, S., & Fitri, T. A. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Komitmen Terhadap Loyalitas Nasabah Pada Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ulak Karang Padang. Jurnal Pundi.

Ulya, L. H., Asiyah, S., & Slamet, A. R. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah PT. Bank BPR UMKM JATIM Cabang …. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen.

Yani, M. I., & Sugiyanto, S. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan, Citra Merek Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Edwin Jeans Indonesia Pada E-Commerce SINOMIKA Journal: Publikasi

Damayanti, L. D., Suwena, K. R., & Haris, I. A. (2019). ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK BERDASARKAN INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) KANTOR KECAMATAN SAWAN KABUPATEN BULELENG. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 21. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20048

Hariadi, R. D., & Sulistiono, S. (2021). Pengaruh Kualitas Situs Website, Kepercayaan Konsumen, Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Minat Beli Ulang Di Situs Jual Beli Online OLX. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.402.

Hendriyaldi, H., & Musnaini, M. (2021). ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PUBLIK DAN E-SERVICE QUALITY TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN PEMERINTAHAN KOTA JAMBI. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan, 10(01), 87–98. https://doi.org/10.22437/jmk.v10i01.12531.

Pundenswari, P. (2017). Analisa Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik bidang Kesehatan terhadap Kepuasan Masyarakat. Jurnal Publik : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Administrasi Negara, 11(1), 13–21. Retrieved from www.jurnal.uniga.ac.id

Nanincova, N. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Noach Cafe And Bistro. Agora, 7(2), 1–5. Retrieved from https://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/8734/7880.

Purwadi, P., Devitasari, B., & Caisar Darma, D. (2020). Store Atmosphere, SERVQUAL and Consumer Loyalty. SEISENSE Journal of Management, 3(4), 21–30. https://doi.org/10.33215/sjom.v3i4.385.

Partiwi, S. (2020). Kualitas Pelayanan Perizinan Satu Pintu di Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(1), 12–24. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i1.249

Shafiq, A., Mostafiz, M. I., & Taniguchi, M. (2019). Using SERVQUAL to determine Generation Y’s satisfaction towards hoteling industry in Malaysia. Journal of Tourism Futures, 5(1), 62–74. https://doi.org/10.1108/JTF-01-2018-0004.

Siegrist, M. (2021). Trust and Risk Perception: A Critical Review of the Literature. Risk Analysis, 41(3), 480–490. https://doi.org/10.1111/risa.13325.

Sulistyo, I. N., & Sotya Partiwi Ediwijoyo. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 4(2), 276–286. https://doi.org/10.37339/e-bis.v4i2.386.

Sitanggang, R., Raka, A. A. G., & Mardika, I. made. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Pemecutan Kelod Kota Denpasar. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 5(1), 72–82.

Supriyanto, A., Wiyono, B. B., & Burhanuddin, B. (2021). Effects of service quality and customer satisfaction on loyalty of bank customers. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1937847.

Sugandi, Y. S., Sukarno, D., & Ismanto, S. U. (2022). PENDAMPINGAN DESA KADIPATEN KECAMATAN KADIPATEN KABUPATEN TASIKMALAYA DALAM UPAYA MERAIH PENGHARGAAN DESA SADAR HUKUM (ANUBHAWA SASANA DESA). Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 259-267.

Suandi, S. (2019). Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Belitang Kabupaten OKU Timur. Journal PPS UNISTI, 1(2), 13–22. https://doi.org/10.48093/jiask.v1i2.8.

Takwim, R. I., Asmala, T., & Johan, A. (2022). Pengaruh kualitas layanan dan store atmosphere terhadap customer loyalty. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(12), 5617-5622.

Wulansari, A. C., Nugroho, H., & Sriyana, S. (2018). Analisis Kinerja dan Peningkatan Fungsi Bendung Guntur Kabupaten Demak Jawa Tengah. Jurnal Karya Teknik Sipil, 7(2), 54–66.

Wenny Lisninda. (2021). PENGARUH KEMAMPUAN PEGAWAI, SARANA LAYANAN TERHADAP KUALITAS LAYANAN DAN KEPUASAN MASYARAKAT PADA KELURAHAN BATU PIRING KECAMATAN PARINGIN SELATAN. KINDAI, 17(2), 271–290. https://doi.org/10.35972/kindai.v17i2.655

Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336.

##submission.downloads##

##submissions.published##

2023-02-18