ANALISIS PERAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU

Authors

  • Tamim Mulloh UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Abd. Qadir Muslim Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29

Keywords:

Education, Professional Teacher, Supervision

Abstract

This paper aims to understand how educational supervision is to increase teacher professionalism and how efforts can be made to improve teacher professionalism. This paper uses a qualitative method with analysis from various literature studies. Data analysis techniques according to Miles Huberman and Sandana (2014). The results of the study prove that the impact of educational supervision has an effect on improving the quality of teacher professionalism. In addition, the principal also plays an important role in the professional improvement of teachers. Principals must be able to be good consultants for teachers by providing assistance in solving problems or difficulties experienced by teachers. To increase teacher professionalism, a school principal is also expected to be able to provide input that can help teachers.

References

Ametembun, N. A. (2007). Supervisi Pendidikan Disusun Secara Berprogram. Bandung: Suri

Annur, C. M. (2021). Jumlah Guru Layak Mengajar di Indonesia Naik 9,60% pada Tahun Ajaran 2021/2021. [Online]. Tersedia: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/ 2021/11/26/jumlah-guru-layak-mengajardi-indonesia-naik-960-pada-tahun-ajaran-20202021 diakses pada 17 Maret 2022

Astuti, A. (2019). Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 435–449. DOI: https://doi.org/10.35673/ajmpi.v5i1.79

Astuti, R. D. (2020). Upaya peningkatan kompetensi guru dalam membuat soal hots melalui kegiatan iht (in house trainning) di sd negeri wonowoso tahun pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah: Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI). DOI: https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/566

Dalanggo, H. (2019). Strategi Perencanaan Supervisi Akademik Kepala Madrasah. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 5(4), 381. DOI: https://doi.org/10.32884/ideas.v5i4.226

Danim, S., & Khairil. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Jubaedah, D., & Mulyanti, D. (2021). Prosiding Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi Dan Teknik (SoBAT) ke-3 Bandung

Karyati, R. (2020). Monitoring Dan Evaluasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kompetensi Kepala Sekolah Binaan Kepengawasan Kota Malang. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 6(3), 122–132.

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Data Guru 2020/2021. [Online]. Tersedia: https://dapo.kemdikbud.go.id/guru diakses pada 17 Maret 2022

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102–118. DOI: https://doi.org/10.31538/ndh.v5i1.512

Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq : Jurnal

Moudina, T. (2020). Supervisi Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Profesionalisme Guru Di SMAN 2 Meulaboh Aceh Barat. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh, Indonesia

Muhammad. (2022). Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Supervisi Pendidikan di SDN 017 Seberang Tembilahan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11 (1), 144-149. DOI: http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8800

Muspawi, M. (2020). Strategi Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 402. DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.938

Ozila, A. L. (2017). Peranan Supervisi dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kinerja Guru. Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Purwanto, N. (2010). Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rahmi, V. Y., & Afriansyah, H. (2019). Konsep Dasar Supervisi Pendidikan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 12(1), 33–54. [Online]. Tersedia: http://ojs.bpsdmsulsel.id/index.php/sipatok ng/article/view/28/15%0Ahttps://ojs.bps dmsulsel.id/%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id ndex.php/manajerpendidikan/article/view ile/1169/977%0Ahttp://www.ejournal.unaaris.ac.id/index.php/waspada/article/view/174

Sahertian, P. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Serdang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan, Indonesia

Shulhan, M. (2013). Supervisi Pendidikan: Teori Dan Praktek Dalam Mengembangkan SDM Guru.

Sudiyanto. (2008). Pengaruh Supervisi, Pendidikan Dan Pelatihan, Serta Partisipasi Dalam Kelompok Kerja Guru Terhadap Profesional Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Sulastri, A. (2019). Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MTs Islamiyah YPI Batang Kuis Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli

Suyanto., & Jihad, A. (2012). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Erlangga

Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wardana, H., Dacholfany, & Sudirman (2020). Peran Supervisor Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru SMK Negeri 1 Raman Utara Lampung Timur Tahun 2020/2021. POACE: Jurnal Program Studi Administrasi Pendidikan

Downloads

Published

2022-09-09