PENERAPAN PELAYANAN PRIMA PADA DONGENG ANAK REMAJA KELILING (DARLING) DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI JAWA TIMUR

Authors

  • Firly Erysa Faldilal Nuraini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Oktarizka Reviandani Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i4.289

Keywords:

Excellent service , Fairy Tales of Traveling Teenagers (Darling), Library, Public service

Abstract

This research aims to determine the application of excellent service in the Fairy Tales of Traveling Teenagers (Darling) at the East Java Province Library and Archives Service. DARLING (Fairy Tales for Traveling Teenagers) is innovative and provides excellent service for the East Java Province Library and Archives Service. The DARLING program promotes reading and introduces children and teenagers to moving fairy cars. Qualitative descriptive methods were used in this research. The data collection technique uses data triangulation, combining interviews, literature study and documentation. The research results show that DARLING has successfully implemented the A6 principle of excellent service.

References

Ainun, V. Q., Indartuti, E., & Hariyoko, Y. (2022). Efektivitas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Dalam Meningkatkan Gemar Baca Masyarkat. Journal of Contemporary Public Administration (JCPA), 2(2). https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jcpa/article/view/5891/4040

Arista, R. (2019). Kualitas Pelayanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Subang. Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(4), 280–288. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/dinamika/article/download/3098/pdf

Atep Adya Barata. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. PT. Gramedia Pustaka.

Bakti, O. :, Ode, L., & Elwan, M. (2018). ANALISIS RESTRUKTURISASI BIROKRASI DALAM PENGEMBANGAN GOOD GOVERNANCE PADA SEKERTARIAT DAERAH KABUPATEN KONAWE UTARA. 1(3), 1–13.

Hartono, S. (2022). Transformasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur Menuju Indonesia Emas 2045. Guepedia.

Jatim, D. (n.d.). Sejarah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Jawa Timur. Retrieved September 11, 2023, from https://disperpusip.jatimprov.go.id/sejarah/

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor: 81/1993 tentang pedoman tatalaksana pelayanan umum, (1993). http://perpus.menpan.go.id//index.php?p=show_detail&id=2642

Kotler. (1994). Marketing Management. Prentice Hall.

Laurena, D. J. (2015). “Analisis Pelayanan Prima Dengan Konsep A6 Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya”: Studi deskriptif tentang analisis pelayanan prima dengan konsep A6 Ability, Attitude, Appearance, Attention, Action, dan Accountability pada Perpustakaan [Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/17688/

Muhammad Elwan, L. O., Rahman, R., & Fitri Cahyani, E. 2022. Implementasi Program Penanggulanggan Pravelansi Stunting Anak Balita Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe. Journal Publicuho, 5(2).

Muhammad Elwan, L. O. (2019). PROBLEM BIROKRASI DALAM MENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PADA SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN MUNA. Journal Publicuho. https://doi.org/10.35817/jpu.v2i2.7223

Purnomo, A. (2020). Efektivitas Program Dongeng Anak Dan Remaja Keliling (Darling) Dalam Meningkatkan Minat Baca Pelajar Di Kota Surabaya [Universitas Airlangga]. https://repository.unair.ac.id/107675/

Rangkuti, F. (20197). Customer Care Excellence Meningkatkan Kinerja Perusahaan Melalui Pelayanan Prima. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Ruhukail, C. J., & Koerniawati, T. (2021). Persepsi Pustakawan terhadap Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Maluku. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 23(2). https://scholarhub.ui.ac.id/jipk/vol23/iss2/2/

Sari, M. P., Sulistiowati, & Lemantara, J. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Perpustakaan. Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 116–125. https://jurnal.dinamika.ac.id/index.php/jsika/article/viewFile/311/223

Sudarmin. (2018). Optimalisasi Pelayanan Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Enrekang [Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara Makassar]. http://eprints.stialanmakassar.ac.id/113/1/3. skripsi--sudarmin.pdf

Sutopo. (2003). Pelayanan Prima. Lembaga Administrasi Negara.

Suwithi, N. W. (1999). Pelayanan Prima (Costumer Care). Makalah Penataran Guru Akomodasi Perhotelan Pada Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan.

Downloads

Published

2023-12-20