SUPERVISI KLINIS KEPALA MADRASAH PADA PROFESIONALISME GURU DI MADARASAH ALIYAH DALWA BANGIL PASURUAN

Authors

  • Zainal Abidin Universitas Islam Internasional Darullufghah Wadda’wah

DOI:

https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i4.276

Keywords:

clinical supervision, madrasah head, professionalism, teachers

Abstract

This research explains the clinical supervision of madrasa heads on teacher professionalism at Madrasah Aliyah Bangil Pasuruan. Therefore, clinical supervision is one of the activities that madrasah heads can carry out for teachers. This supervision is professional assistance that is provided regularly to teachers based on the teacher's needs with the aim of developing teachers and their professionalism, especially in the world of education. The research approach uses qualitative research and the type of research uses field research which is carried out continuously until completion. The results of the first research, are the concept of clinical supervision of madrasah heads in teacher professionalism, secondly, the implementation of clinical supervision of madrasah heads on teacher professionalism.

References

Ansori, A. 2016. Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(12), 2321-2326

Anwar. I. 2001. Administrasi Pendidikan. Bandung. CV. Alabeta

Astut. 2017. Implementasi Supervisi Klinis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru, Didakika. Jurnal Kependidikan. h. 144-15

Babuta, A. I., & Rahmat, A. (2019). Peningkatan Kompetensi Pedagodik Guru melalui Pelaksanaan Supervisi Klinis dengan Teknik Kelompok. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1-28.

Iriyani, D. 2008. Pengembangan Supervisi Klinis untuk meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru. Jurnal Didaktika, 2(02), 285-285.

Kartini, K. 2019. Supervisi Klinis Oleh Kepala Sekolah Terhadap Kualitas Pembelajaran. JMKSP Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(2), 160-169

La Ode Muhammad Elwan, Muhammad Yusuf, & La Ode Herman Halika. (2022). MINING POLICY CONFLICT: Recruitment of Local Workers in Morosi Industrial Estate, Konawe Regency, Southeast Sulawesi. Journal Publicuho, 5(3), 626–642. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.18

Maryono. 2011. Dasar-Dasar dan Teknik Menjadi Supervisi Pendidikan.Cet. I; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Moh. Uzer. 2002. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya

Mukhtar dan Iskandar. 2009. Orientasi Baru Supervisi Pendidikan. Jakarta. Cet. I, Gaung Persada Press.

Mulloh, T. & Muslim, A. Q. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. . Journal Publicuho, 5 (3), 763-775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29

Muslim, A. Q. & Mulloh, T. (2022). Analisis Kebijakan Program Guru Penggerak Sebagai Upaya Regenerasi Supervisor Pendidikan Yang Berkualitas Di Indonesia. Journal Publicuho, 5 (3), 790-801. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.28

Muslim. S.B. 2013. Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru.Cet. III; Jakarta: Alfabeta.

Robin.S. 1998. Perilfaku Organisasi. Terjemahan. Jakarta. Perason

Sagala. S. 2012. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Cet. VI; Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. 2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia.Jakarta: Rineka Cipta. ,

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriyanto, A. 2016. Pelaksanaan Supervisi Klinis Dalam Meningkatkan Mutu Kinerja

Guru Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(11), 2194-2199.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran.Cet. II; Kalimantan: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-12-11